LIMA MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL MENGIKUTI PPL INTERNASIONAL KE THAILAND SELATAN

November 13, 2019 0 By Admin Ocia
LIMA MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL MENGIKUTI PPL INTERNASIONAL KE THAILAND SELATAN

TEGAL – Sebanyak 48 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dari 11 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia, praktik mengajar di sejumlah sekolah setingkat SMA di Thailand Selatan, mulai pertengahan November 2019 hingga pertengahan Maret 2020. Mereka mengikuti program pengalaman lapangan (PPL) Internasional, atau kegiatan ”International Teaching Practice”, bertajuk ”Private School at Special Zone Association of Songkhla Thailand”, dari pemerintah Thailand, yang bekerjasama dengan Ditjen Pendidikan Tinggi Kemenristek Dikti RI. Jadi, pemerintah Thailand telah berkirim surat kepada pemerintah Indonesia, untuk mengirimkan calon guru untuk berpraktik mengajar dinegaranya, selama lima bulan. Mulai pertengahan November tahun ini hingga pertengahan Maret 2020. Surat tersebut kemudian dikirim ke 11 perguruan tinggi negeri dan swasta agar menyiapkan mahasiswa calon guru, untuk mengikuti program PPL Internasional di Negeri Gajah Putih tersebut. kemudian membuka pendaftaran bagi mahasiswa FKIP yang berminat mengikuti program tersebut. Ternyata banyak yang mendaftar. Mengingat kuota yang tersedia terbatas, maka kami akhirnya menyeleksi memilih lima mahasiswa.

 

Lima mahasiswa semester tujuh FKIP UPS Tegal yang beruntung mengikuti program tersebut, dan akan bergabung dengan 43 mahasiswa lainnya dari 10 perguruan tinggi swasta dan negeri, berasal dari dua Program Studi yakni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Prodi Pendidikan Matematika. Mahasiswa dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris adalah, Istirokha Siam Fitri, Atmo Kusumo dan Risa Prawiotasari dan dua mahasiswa dari Prodi Pendidikan Matematika adalah Siti Mutmainah dan Ananda Bella Pratiwi. Mereka akan praktik mengajar di sekolah setingkat SMA. Yakni, di Arrayan Pittaya Nusorn School, Lantara Chprachautid School, Ekkapad Sasawich School dan Phatnawitya School yang semuanya berlokasi di Thailand Selatan. Hal menarik dari program tersebut adalah para calon guru selain dituntut profesionalitasnya dalam menularkan ilmunya, baik teori dan praktik, juga akan mengenalkan seni budaya masing-masing daerah. Mereka juga akan mendapat honor mengajar sebesar 3.000 Bath/Bulan. Jika kurs satu Bath sebesar Rp 470, maka tiap mahasiswa akan mendapat honor sebesar Rp 1.410.000/bulan. Honor sebesar itu, bisa untuk menambah uang saku calon guru selama berpraktik mengajar di negara tersebut.

 

Sementara itu, keberangkatan lima mahasiswa FKIP UPS Tegal yang akan praktik mengajar di negara tersebut, dilepas WR III Bidang Kemahasiswaan Dr Fajar Ari Sudewo SH MH berpesan jaga nama baik almamater. Jaga juga kesehatan, dan jangan melupakan ibadahnya. Tunjukkan kalian adalah mahasiswa terbaik, yang terpilih untuk mengikuti program PPL Internasional di Thailand.

 

SAMPAI DI THAILAND

 

PENYAMBUTAN MAHASISWA PPL DI THAILAND

 

FOTO BERSAMA