Online Sit In Class Economics and Business Faculty Universitas Pancasakti Tegal : Mahasiswa Asing Soroti Kebijakan Ekonomi Nasional

October 26, 2021 0 By Admin Ocia
Online Sit In Class Economics and Business Faculty Universitas Pancasakti Tegal : Mahasiswa Asing Soroti Kebijakan Ekonomi Nasional

Dosen dan sejumlah mahasiswa dari berbagai negara, saat mengikuti kuliah umum Program Online Sit In Class Economics and Business Faculty Universitas Pancasakti Tegal

Tak hanya dibidang hukum, berbagai kebijakan ekonomi nasional yang diterapkan oleh pemerintah, di tengah Pandemi Covid 19, ternyata juga menjadi sorotan mahasiswa asing.

Hal itu terungkap saat digelar kuliah jarak jauh, lewat program Online Sit In Class, yang digelar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal. Seperti mahasiswa dari Belgia, Jerman, Perancis, Nigeria, India, dan Thailand, yang kuliah S3 di Siam Technology College Thailand dan mahasiswa reguler S1 di Thai Global Business Administration and Technological College Thailand.

”Pandangan dan pendapat dosen kami tentang berbagai kebijakan ekonomi pemerintah, juga ekonomi secara global, ternyata menarik perhatian mahasiswa asing

Menurut Ka. UPT. KUI UPS Tegal Dr. Yoga Prihatin , sebenarnya tak hanya mahasiswa dari dua universitas terkemuka di Negeri Gajah Putih tersebut yang mengikuti kuliah jarak jauh selama sepekan itu, tapi ada juga empat perguruan tinggi lain yang ikut serta mahasiswanya kuliah online di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal .

Keempat perguruan tinggi tersebut adalah, Kasetsart University, Rangsit University International College, Pathum Thani University dan Chonkanyanukul School.

Keterlibatan sejumlah mahasiswa dari berbagai negara dari enam perguruan tinggi di Thailand, dalam program Online Sit In Class, merupakan implementasi kerjasama antara UPS Tegal dan dua perguruan tinggi di negara Thailand.

Dua perguruan tinggi tersebut adalah, Siam Technology College, dan Thai Global Business Administration and Technological College.

”Kerjasama berbagai bidang di dunia pendidikan tinggi ini, dengan dua perguruan tinggi di Thailand, sudah ditandatangani beberapa bulan sebelumnya.

Director Thai Global Business Administration and Technological College Thailand, Dr. Prattana Srisuk menyampaikan rasa terima kasih kepada Kantor Kerjasama UPS Tegal yang telah menyelenggarakan program Sit In.

Sementara itu, Dekan FEB UPS Tegal Dr. Dien Noviany Rahmatika, M.M. menambahkan fakultasnya selain telah membuka program magister managemen (S2), memang sudah lama menggelar kerjasama perkuliahan internasional yang diikuti mahasiswa dari berbagai negara. Pihaknya telah menyiapkan tenaga pengajar berkualifikasi internasional, baik dari fakultasnya sendiri maupun dosen tamu dari negara lain. Seperti Youssef Bagil dari Maroko yang mengajar Bahasa Inggris selama satu semester, untuk tahun akademik 2021/2022.

Tak hanya menggelar program kuliah jarak jauh berdurasi sepekan, yang dirangkum dalam Online Sit In Class International. Fakultas tersebut juga memiliki mahasiswa dari Mesir yang kuliah S1 selama satu semester. Ketertarikan mahasiswa asing belajar di UPS, tak hanya berkait tengan bidang ilmu di fakultasnya. Tapi mereka juga diajak mengenal lebih dekat budaya lokal Tegal dan sekitar.