6 STUDENTS OF UPS TEGAL PPL TO SOME SCHOOL SOUTH THAILAND

February 18, 2019 0 By Admin Ocia
6 STUDENTS OF UPS TEGAL PPL TO SOME SCHOOL SOUTH THAILAND

TEGAL – Upaya untuk meningkatkan kualitas calon guru, Universitas Pancasakti (UPS) Tegal mengirim enam mahasiswi dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) ke Thailand. Enam mahasiswi yang dikirim ke Negeri Gajah Putih itu, rencananya akan mengajar di sejumlah sekolah yang ditunjuk kementerian pendidikan negara tersebut selama lima bulan.

 

“Jadi, program pengiriman calon guru ke Thailand tak hanya memberikan pengalaman mengajar di luar negeri dan meningkatkan kualitas lulusan FKIP UPS Tegal, tapi secara tidak langsung membantu meningkatkan kualitas pendidikan di negara tersebut,” kata Rektor UPS Tegal Dr. Burhan Eko Purwanto M.Hum.

 

Mereka akan berangkat ke Thailand dari Bandara Soekarno- Hatta, Minggu (4/11). Keberangkatan enam mahasiswa tersebut, kata dia, sebenarnya bagian dari kerja sama UPS Tegal dengan Private School At Speciale Zon Association of Songkhla (PGAS) Thailand.

 

Kerja sama yang dilakukan antara lain cross-cultural teaching prakticum (praktik pengalaman lapangan/PPL) and study service, student mobility, reseach and community services, leadership training, full and partial scholarship provided to Thai Student to Pursuee Undergon UPS Tegal. Rektor UPS Tegal Dr Burhan Eko Purwanto MHum berpesan agar mahasiswa yang dikirim ke Thailand dapat menjaga kesehatan, karena waktu yang cukup lama selama lima bulan di negara tersebut. Juga dapat menjaga nama baik perguruan tinggi, bangsa, dan negara. Rektor juga mengungkapkan, dalam waktu dekat akan ada beberapa mahasiswa dari Thailand yang akan belajar di UPS Tegal. Kegiatan semacam itu merupakan hal positif untuk meningkatkan eksistensi dan peningkatan kualitas UPS Tegal di mata masyarakat, baik di Indonesia maupun luar negeri.

 

Enam mahasiswi FKIP itu mulai 5 November 2018 sudah melakukan berbagai kegiatan, seperti masa orientasi pengenalan sekolah dan pelajar di negara tersebut, juga aturan yang harus ditaati, termasuk berbagai materi yang perlu disampaikan kepada para pelajar dalam proses belajar-mengajar dan pembimbingan ke pelajar hingga 5 April 2019.

Mereka yang akan diberangkatkan ke Thailand adalah Farrah Adilah, Dian Ayu Larasati, dan Aurora Sakinatulhaq yang berasal dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) FKIP UPS Tegal, Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Azmi Safrina Zahra dan Mutiara Safitri, serta Uly Hidayah dari Prodi Pendidikan Matematika. Untuk lokasi praktik mengajar, Farrah Adillah akan mengajar di Prateepsat Ismail Memorial School, Dian Ayu Larasati mengajar di Mahad Islam School, Aurora Sakinatulhaq di Prateeptham Foundation School, Eakkappsasanawich School (Azmi Safrina Zahra), dan Darunsat Witya School (Mutiara Safitri dan Uly Hidayah). Sekolah-sekolah tersebut akan menjadi tempat mahasiswa FKIP UPS Tegal untuk mengaplikasikan hasil belajar selama di kelas.

 

 

Kepala Urusan Internasional UPT Kerja Sama dan Urusan Internasional UPS Tegal Dr. Yoga Prihatin M.Pd mengatakan, mahasiswi semester VII yang dikirim ke negara tersebut merupakan hasil dari seleksi internal yang cukup ketat. Banyak mahasiswa yang berminat mengikuti program tersebut. Seleksi meliputi kompetensi mengajar, penggunaan bahasa Inggris aktif, dan pengetahuan cross culture.