Student Mobility Program Universitas Pancasakti Tegal in IIST Philippines on 4 to 21 September 2019

September 4, 2019 0 By Admin Ocia
Student Mobility Program Universitas Pancasakti Tegal in IIST Philippines on 4 to 21 September 2019

TEGAL – Universitas Pancasakti (UPS) Tegal kembali mengirimkan dua mahasiswa dari Fakultas Hukum ke perguruan tinggi luar negeri yaitu IIST (Imus Institute of Science and Technology) Philippines dari Tanggal 4 – 21 September 2019. Kedua mahasiswi tersebut adalah, Tifanny Vika Noviadhealiyani dan Alfianti Dwi Rahma. Mahasiswi semester tujuh tersebut baru saja menyelesaikan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) bulan lalu.

”Besok paginya langsung bertolak ke Imus Institute of Science and Technology (IIST) Filipina untuk mengikuti program Sit In, selama 19 hari. Terhitung sejak Selasa (3/9/19) hingga Sabtu (21/9/19),” terang Rektor UPS Tegal Dr. Burhan Eko Purwanto M.Hum, saat melepas keberangkatan dua mahasiswi perguruan tingginya, Senin (2/9/19).

Rektor didampingi Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kantor Urusan Internasional (KUI) Dr. Yoga Prihatin M.Pd. dan Dekan Fakultas Hukum (FH) Dr. Achmad Irwan Hamzani M.HI menambahkan, pengiriman dua mahasiswinya ke luar negeri selain untuk menambah wawasan dan pengalaman akademik juga dibidang soft skill mahasiswi tersebut. Mereka juga akan saling mengenalkan budaya dan seni nasional Indonesia, juga hal lokal yang berkembang di Tegal dan sekitar. Mulai dari bahasa, seni, dan ketrampilan tambahan yang dimiliki. ”Pengiriman mahasiswi ini juga sebagai langkah awal untuk realisasi kerjasama yang sudah ditandatangani sebelumnya. Jadi nanti juga ada mahasiswa dari Filipina yang akan kuliah di UPS Tegal,” kata Dr. Burhan Eko Purwanto M.Hum.

Ketua Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP) Dr. Imawan Sugiharto M.H mengatakan, mendukung kegiatan perguruan tinggi yang dikelolanya, dengan sejumlah perguruan tinggi di luar negeri. Selama ini yang dikirim tak hanya mahasiswa atau mahasiswi, tapi sejumlah dosen juga dikirim ke luar negeri untuk menambah pengalaman akademiknya dan hal-hal lainnya. Jadi, YPP mendukung kegiatan dengan adanya kegiatan ini.

Sementara itu, Dr Yoga Prihatin M.Pd menambahkan, sejumlah mahasiswa dan mahasiswinya yang sebelumnya sudah dikirim ke sejumlah perguruan tinggi di luar negeri menyatakan kesan yang baik. Bahkan menjadi bekal penting ketika sudah lulus kuliah dari UPS Tegal. Sebagai catatan, pada pekan terakhir Januari lalu, UPS Tegal juga mengirimkan empat mahasiswa ke Hatyai University Thailand, untuk mengikuti program Sit In. Empat mahasiswanya yang dikirim ke Thailand berasal dari tiga fakultas.
Mereka adalah Dwi Nurhidayani (Fakultas Teknik), Erik Elvando (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan), dan Lembah Anjar Kinanthi (Fakultas Hukum).